Sabtu, 02 April 2011

Komponen - Komponen dalam Gokart

Rangka

Rangka gokart terbuat dari tabung baja . Tidak ada suspensi Oleh karena itu rangka harus cukup fleksibel untuk bekerja sebagai suspensi dan cukup kaku untuk tidak pecah atau memberi jalan pada tikungan. rangka Kart diklasifikasikan di Amerika Serikat sebagai 'Open', 'Caged', 'Straight' atau 'Offset'. Semua rangka yang disetujui oleh CIK-FIA adalah 'Straight' dan 'Open'.
  1. Open roll karts tidak memiliki kandang.
  2. Caged karts memiliki kandang gulung mengelilingi pengemudi yang sebagian besar digunakan pada trek tanah.
  3. Dalam rangka Traight sopir duduk di tengah. chassis straight digunakan untuk balap sprint.
  4. Dalam rangka Offset pengemudi duduk di sisi kiri. rangka offset digunakan untuk balapan hanya berberbelok kiri speedway racing.
Kekakuan dari rangka memungkinkan karakteristik penanganan yang berbeda untuk situasi yang berbeda. Biasanya, untuk kondisi kering rangka lebih keras lebih baik, sedangkan di basah atau kondisi licin (traksi minimum) lainnya, rangka yang lebih fleksibel dapat bekerja lebih baik. rangka terbaik memungkinkan untuk batang penegak kaku ditambahkan atau dihilangkan di bagian belakang, depan dan samping sesuai dengan kondisi balapan.
Pengereman dicapai oleh rem cakram yg dipasang pada poros belakang. Rem cakram depan semakin populer, namun di kelas-kelas tertentu tidak diizinkan.
gokart untuk profesional biasanya memiliki berat 75-79 kg, lengkap tanpa sopir. Avanti, Tony Kart, Trulli, Birel, CRG, Gillard, Intrepid, Kosmic, Zanardi atau FA Kart adalah beberapa contoh terkenal dari sekian banyak produsen rangka Eropa berkualitas. Margay adalah perusahaan Amerika yang memproduksi rangka kart.

 

Mesin

go-kart Taman hiburan dapat ditenagai oleh mesin 4-langkah atau motor listrik, sedangkan gokart balap menggunakan mesin 2-langkah kecil atau 4-langkah.
  1. go-kart listrik berbiaya pemeliharaan rendah, hanya membutuhkan baterai timbal-asam dari mobil yang dipasang setelah disii dayanya. Karena mesin jenis ini bebas polusi dan tidak mengeluarkan asap, sirkuitnya dapat diletakan dalam ruangan tertutup. Sebuah gokart listrik yang dayanya terisi penuh dapat menjalankan lebih dari 20 menit sebelum turun kinerjanya.
  2. Mesin gokart 2-langkah dikembangkan dan dibangun oleh produsen yang khusus memproduksi mesin jenis ini. Comer, IAME (Parilla, Komet), TM, Vortex, Titan, REFO, Yamaha dan Rotax adalah produsen2 mesin jenis ini. Mesin ini berdaya sekitar 8 tenaga kuda untuk mesin satu-silinder 60 cc (MiniROK buatan Vortex) hingga 90 tenaga kuda untuk 250 cc dua silinder. Saat ini, kategori yang paling populer di seluruh dunia adalah unit Touch-dan-go (TAG ) 125 cc . mesin Kf1 125 cc baru-baru ini dibatasi secara elektronik pada putaran mesin 16.000 rpm. Saat ini kebanyakan mesin adalah berpendingin air , namun sebelumnya mesin berpendingin udara yang mendominasi olahraga ini.
  3. Mesin 4-langkah berpendingin udara berbasis mesin standar industri , kadang-kadang dengan sedikit modifikasi, berdaya dari sekitar 5-20 hp. Briggs & Stratton, Tecumseh, Kohler, Robin, dan Honda adalah produsen2 mesin jenis ini. Mesin-mesin produksi mereka memadai untuk balap dan menyenangkan dalam aplikasinya ke go-kart. Ada juga mesin 4 langkah lebih kuat yang tersedia dari produsen seperti Yamaha, TKM, Biland atau Aixro (Wankel engine) , berdaya dari 15 tk hingga 48 tk. Mesin ini mampu mencapai putaran mesin sekitar 11.000 rpm dan dibuat khusus untuk karting. Mereka digunakan dalam beberapa kelas Kejuaraan Nasional seperti mesin dua langkah.
Mendengarkan bunyi mesin 2 langkah gokart - direkam di Kejuaraan Dunia 2006 di Angerville - Perancis

 

Transmisi

GoKart tidak memiliki diferential.Tidak adanya diferential berarti bahwa salah satu ban belakang harus tergelincir saat menikung, hal ini bisa dicapai dengan merancang rangka sehingga dapat mengangkat sedikit ban belakang bagian dalam ketika kart menikung . Hal ini memungkinkan ban kehilangan sebagian dari cengkeraman dan tergelincir atau mengangkat dari tanah sepenuhnya.
Daya disalurkan dari mesin ke as roda belakang melalui rantai (beberapa penyewaan menggunakan sabuk). Baik puli mesin dan poros bisa dilepaskan, rasio mereka bisa disesuaikan sesuai dengan konfigurasi sirkuit untuk mendapatkan hasil maksimal.
Pada awal perkembangan gokart, daya akan langsung diteruskan ke roda, tapi untuk menutup beberapa ketidaknyamanan maka segera digunakan kopling sentrifugal. Kopling sentrifugal kering kini digunakan dalam banyak kategori (Rotax Max adalah salah satu contoh) dan telah menjadi sesuatu yang jamak ketika bagian kelas atas internasional harus beralih ke mesin 125 cc berkopling pada Januari 2007.

 

Ban

Roda dan ban yang digunakan jauh lebih kecil daripada yang digunakan pada mobil normal. Pelek terbuat dari magnesium alloy atau aluminium. Ban dapat mendukung kekuatan menikung melebihi dari 2 G (20 m / s ²), tergantung pada rangka, mesin, dan setelan motor.
Serupa dengan olahraga motor lainnya, ban gokart memiliki jenis yang berbeda-beda untuk digunakan sesuai dengan kondisi lintasan:
  1. Ban Mulus / Slick, untuk cuaca kering. Di tingkat internasional ban ini ada yang paling lembut dan ada yang paling keras. Beberapa produsen ban mobil seperti Bridgestone, Dunlop atau Maxxis, membuat ban untuk gokarts. Ada juga produsen ban gokart spesifik, yang meliputi MG, MOJO, dan Vega. Ban Slick gokart terdiri dari berbagai senyawa, dari yang sangat lembut (maksimum grip) yang sangat keras (gokart hiburan dan gokart sewaan, cengkeraman kurang tapi lebih awet).
  2. Ban Hujan atau "ban basah", untuk keadaan basah. Mereka beralur, terbuat dari senyawa lembut, dan lebih langsing daripada ban slicks. Tidak semua kelas balap memungkinkan ban hujan.
  3. Ban Khusus, seperti ban berduri untuk kondisi es, atau "ban potong" bercengkeraman tinggi untuk kondisi sirkuit tanah liat. "ban potong" adalah ban slicks yang dimodifikasi menggunakan mesin bubut untuk mengoptimalkan cengkraman.

 

Kontrol luar

Go-karts yang digunakan dalam taman hiburan dapat dilengkapi dengan kontrol elektronik tambahan seperti kecepatan jauh limiters untuk membantu mempromosikan lingkungan operasi yang lebih aman. Dalam hal terjadi kecelakaan atau lepas kendali pembalap, trek petugas dari jarak jauh dapat memperlambat atau menghentikan semua kendaraan di lintasan melalui radio kontrol. Kontrol kecepatan terpencil ini juga dapat digunakan untuk membatasi pengendara muda untuk kecepatan operasi yang lambat, sementara ras hanya terdiri dari orang dewasa diperbolehkan kecepatan yang lebih tinggi. Kontrol ini dapat diterapkan untuk kedua listrik dan mesin pembakaran-karts.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it

Your IP and Google Map location